Sering mengonsumsi kuliner cantik yang mengandung kadar gula tinggi sering dituding menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes. Meskipun gotong royong ada beberapa faktor penyebab lain ibarat keturunan atau genetik, kebiasaan merokok, usia, dan lain sebagainya. Sebagai penyakit kronis diabetes ditakuti oleh banyak orang alasannya yakni termasuk penyakit mematikan, disebutkan bahwa diabetes menempati posisi nomor 6 teratas sebagai penyebab selesai hidup global.

Yang paling dikhawatirkan dari diabetes yakni banyak sekali komplikasi yang menyertainya ibarat stroke, penyakit jantung, hipertensi, kerusakan saraf, aterosklerosis, kerusakan pada kaki, kerusakan ginjal, disfungsi seksual, kerusakan mata, gangguan kulit, sampai keguguran atau kelahiran mati. Berbagai komplikasinya sanggup terjadi secara sedikit demi sedikit bila diabetes tidak ditangani dengan baik.

Oleh alasannya yakni itu bermacam-macam cara dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit ini segera sesudah diketahui. Salah satunya dengan mengonsumsi buah, sayur, atau flora herbal yang sanggup menjaga kestabilan kadar gula darah. Diantara kuliner yang dianjurkan untuk mencegah atau mengobati diabetes adalah:

 

 

    • Manfaat bengkoang untuk diabetes

 

    • Manfaat cabai bagi penderita diabetes

 

    • Manfaat sirsak untuk diabetes

 

    • Manfaat gambir untuk diabetes

 

    • Manfaat jengkol untuk diabetes melitus

 

    • Manfaat buah naga untuk diabetes

 

    • Manfaat gula aren untuk diabetes

 

    • Manfaat jus pare mentah

 

    • Manfaat jus tomat campur kacang panjang

 

    • Manfaat daun kelor untuk diabetes

 

 

Satu lagi jenis buah-buahan yang sanggup menjadi alternatif dalam mencegah dan mengobati diabetes yakni labu air. Diketahui ada manfaat labu air untuk diabetes dalam membantu menjaga kestabilan gula darah. Buah yang masih termasuk keluarga labu-labuan atau cucurbitaceae ini memang tidak seterkenal jenis labu lain ibarat labu kuning, melon, atau mentimun dalam hal rasa. Buahnya yang masih muda kebanyakan dikonsumsi dengan cara disayur sehingga kerap juga disebut labu sayur sementara yang sudah bau tanah dimanfaatkan sebagai materi pembuatan peralatan rumah tangga ibarat tabung, wadah air, sampai koteka.

 

Buah yang mempunyai nama latin lagenaria siceraria ini berwarna hijau muda dan umumnya berbentuk lonjong memanjang. Meskipun tidak terlalu terkenal sebagai kuliner konsumsi namun ada banyak manfaat labu air bagi kesehatan tubuh. Konsumsi buah ini sanggup mencegah dan mengatasi banyak sekali penyakit mulai dari panas dalam, sariawan, sampai penyakit berbahaya ibarat kanker. Selain itu ada pula manfaat labu air untuk diabetes semoga kandungan gula darah penderitanya tetap stabil. Berbagai manfaat ini sanggup didapatkan alasannya yakni kandungan nutrisinya yang cukup bermacam-macam ibarat manfaat protein, manfaat karbohidrat, natrium, manfaat kalium, manfaat vitamin A, kalsium, manfaat zat besi, manfaat vitamin c, manfaat fosfor, dan magnesium.

 

Konsumsi labu air secara rutin diketahui sanggup membantu menurunkan kadar gula darah sehingga sangat cocok dan dianjurkan bagi penderita diabetes atau orang yang mempunyai kadar gula darah tinggi yang diharuskan menjaga kestabilan gula darahnya. Selain itu kandungan vitamin C pada labu air juga bermanfaaat untuk menstimulasi pengeluaran insulin dari pankreas. Seperti yang diketahui hormon insulin berperan penting dalam mengendalikan kadar gula darah. Ia lah yang mengatur perubahan gula darah menjadi energi yang nantinya sanggup dipergunakan oleh tubuh. Jika produksinya kurang atau terjadi resistensi insulin ibarat pada penderita diabetes maka sanggup membahayakan kondisi tubuh. Oleh alasannya yakni itu konsumsi labu air sangat bermanfaat dan dianjurkanĀ  bagi penderita diabetes.

 

Itulah manfaat labu air untuk diabetes sehingga orang yang beresiko atau sudah terlanjur mengidap diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini sehingga sanggup menjaga kestabilan gula darah dan produksi insulin dalam tubuh. Selain itu penderita diabetes dibutuhkan juga mengubah teladan hidupnya menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, rajin berolahraga, tidak merokok, dan memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin. Mari kita jaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.