Nama ikan corydoras mungkin tidak terlalu familiar di indera pendengaran masyarakat umum alasannya ialah memang ikan ini bukan termasuk ikan yang umum dikonsumsi. Ikan corydoras lebih banyak dimanfaatkan sebagai ikan hias untuk mengisi aquarium menyerupai ikan cupang, ikan mas koki, manfaat ikan koi, manfaat ikan arwana, manfaat ikan baronang, manfaat ikan aligator, manfaat ikan oscar, dan lain sebagainya. Bentuk tubuhnya yang anggun dan bermacam-macam menciptakan ikan ini menjadi salah satu pilihan untuk mengisi aquarium. Ada sekitar 142 spesies ikan corydoras yang telah ditemukan dengan aneka macam variasi warna dan corak tubuhnya menyerupai ikan corydoras panda, ikan corydoras albino, dan ikan corydoras starbai.

Ikan yang berasal dari Amerika Selatan ini tergolong kelompok catfish atau ikan lele sehingga ia sanggup dikenali dari dua pasang sungut yang ada di depan wajahnya. Ikan corydoras ini termaasuk kelompok ikan lele hias sehingga jarang dimakan. Berbeda dengan jenis ikan lele yang memang ditujukan untuk konsumsi. Ikan ini tergolong ikan bertubuh pendek gemuk alasannya ialah rata-rata panjang tubuhnya hanya 12 cm. Ciri khas ikan ini juga sanggup dilihat dari bab punggung yang lebih melengkung daripada perut. Mulut ikan ini juga berbentuk mengarah ke bawah sehingga memudahkannya mencari kuliner di dasar air.

Di Indonesia ikan yang tergolong ikan air tawar ini dikenal juga dengan nama ikan tikus alasannya ialah gaya berenangnya yang suka berada di dasar air atau aquarium menyerupai mirip tikus yang ketakutan melihat manusia. Padahal memang tabiatnya yang suka berada di dasar air sekaligus untuk mencari kuliner yang ada di dasar air. Ia juga kerap salah dikenali sebagai ikan botia yang merupakan ikan hias orisinil dari Indonesia alasannya ialah kemiripan bentuknya. Selain sebagai ikan hias diketahui ada manfaat ikan corydoras lainnya yang sanggup didapatkan diantaranya sebagai pembersih aquarium dan materi adonan dalam pembuatan kosmetik.

Penghias dan Pembersih Aquarium

Sebagian orang bahagia memelihara ikan hias alasannya ialah mencicipi banyak manfaat ikan hias yang dirasakan. Salah satu jenis ikan hias yang banyak menjadi pilihan ialah ikan corydoras. Alasan mengakibatkan ikan ini sebagai ikan hias tidak hanya alasannya ialah bentuknya yang anggun namun juga karakternya yang bahagia berenang di dasar aquarium dan memakan makanan-makanan yang berada di bab bawah atau dasar aquarium sehingga aquarium terlihat lebih higienis dan terhindar dari penumpukan sisa makanan. Mirip dengan ikan sapu-sapu yang juga bahagia melaksanakan hal yang sama. Manfaat ikan corydoras ini menjadikannya sering menjadi pilihan bersama ikan hias jenis lainnya untuk dimasukkan ke aquarium sehingga sanggup membantu membersihkan sisa kuliner ikan lain yang jatuh ke dasar aquarium. Meskipun demikian sebagai pemilik anda tetap harus rutin membersihkan dan mengganti air aquarium untuk menjaga kebersihan dan kualitas air.

Bahan Campuran Kosmetik

Selain sebagai ikan hias ikan corydoras di beberapa negara maju juga telah dipakai sebagai materi adonan kosmetik. Ya, tidak hanya bahan-bahan menyerupai manfaat getah damar dan manfaat lilin lebah saja yang dipakai sebagai materi pembuatan kosmetik. Berbagai kandungan dalam ikan ini diketahui mempunyai manfaat terhadap kecantikan sehingga ia turut dipakai dalam pembuatan kosmetik. Hal ini tentu saja membuka peluang perjuangan untuk budidaya ikan corydoras. Dengan kebutuhan dan ajakan pasar yang cukup tinggi apalagi pasar luar negeri budidaya ikan corydoras merupakan perjuangan yang sangat menjanjikan.

Sangat bermanfaat bukan? Tidak hanya menghias dan mempercantik aquarium, kehadiran ikan corydoras ternyata juga berperan dalam menjaga kebersihan aquarium. Ditambah lagi perananan ikan ini dalam bisnis kosmetik semakin memperlihatkan manfaat ikan corydoras dalam kehidupan insan sehingga ikan ini layak dan penting sekali dijadikan salah satu ikan peliharaan bahkan dibudidayakan.